• HOME

Download

Tukeran link

Keutamaan membaca Al Quran

Rabu, 15 April 2009


Membaca Al Quran adalah ibadah yang sungguh mulia. Setiap muslim wajib menjadikan kitab suci Al Quran sebagai pedoman hidup yang berguna untuk kehidupannya di dunia maupun di akhirat. Allah memberikan banyak fadilah dan pahala berlipat ganda bagi yang membacanya. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dan kebaikan berlipat sepuluh kali.” (HR. Tirmidzi)

Keutamaan membaca Al Quran diantaranya:

1. Menjadi manusia yang terbaik
Dari Utsman bin Affan, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)
2. Dikumpulkan bersama para malaikat
Dari Aisyah Radhiyallahu Anha berkata, Rasulullah bersabda, “Orang yang membaca Al Quran dan ia mahir dalam membacanya mkla ia akan dikumpulkan bersama para malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca Al Quran dan ia masih terbata-bata dan merasa berat (belum fasih) dalam membacanya, maka ia akan mendapat dua ganjaran.”
3. Mendapatkan syafa’at di hari kiamat
Dari Abu Umamah Al Bahili berkata, saya telah mendengar Rasulullah bersabda, “Bacalah Al Quran! Maka sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi ahlinya (yaitu orang yang membaca, mempelajari, dan mengamalkannya).” (HR. Muslim)
4. Mendapatkan kemuliaan
Umat muslim yang membaca Al Quran dan menjadikannya sebagai pedoman hidup akan mendapatkan kemuliaan di sisi Allah SWT, setelah para nabi. Selain itu, mereka akan ditempatkan di surga bersama para rasul.
5. Mendapatkan pahala yang berlipat
Satu huruf Al Quran mempunyai satu kebaikan yang pahalanya bernilai sepuluh kebaikan. Dari Abdullah bin Mas’ud berkata, Rasulullah SAW bersabda, “ barangsiapa yang membaca satu huruf Kitabullah (Al Quran) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan ‘Alif lam mim’ itu satu huruf, tetapi ‘Alif’ itu satu huruf, ‘Lam’ itu satu huruf, dan ‘mim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP